PRESS RELEASE: MUSYAWARAH NASIONAL LUAR BIASA PEMILIHAN KETUA UMUM MEBI MASA BAKTI 2020 – 2024

Telah dilaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) MEBI pada hari Kamis tanggal 06 Oktober 2022 di Hall C1 Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memilih Ketua Umum DPP Masyarakat Energi Biomassa Indonesia, yang ditinggalkan oleh Petahana Alm. Bpk Ir. Djoko Winarno, MM, IPU, AER, APEC, yang telah meninggal dunia pada tgl 23 Agustus 2022.

Sebanyak total 45 anggota peserta Munaslub yang hadir baik secara Luring maupun Daring dengan total jumlah 70 suara telah memutuskan sepakat memilih Plt. Ketua Umum DPP MEBI Dr. Ir. Milton Pakpahan, MM, CERG menjadi Ketua Umum DPP MEBI definitive masa bakti 2020-2024, menggantikan alm. Bapak Ir. Djoko Winarno, MM, IPU, AER, APEC yang berstatus berhalangan tetap. Keputusan ini diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat dalam Sidang Musyawarah Nasional Luar Biasa yang dipimpin oleh Dr. Ir. Arief Yunan, M.Si, IPU selaku Pimpinan Sidang Sementara Munaslub. Sesuai AD/ART MEBI Sidang Munaslub sempat di skors sebanyak 2 kali karena jumlah anggota yang belum memenuhi kuorum.

Di samping pemilihan Ketua Umum DPP MEBI, ada juga pergantian Dewan Pengurus antara lain Ketua Dewan Pakar MEBI yaitu Dr. Ing- Pudji Untoro, B.Sc yang sebelumnya berstatus Wakil Ketua Dewan Pakar yang kemudian menggantikan alm. Bapak Prof. Dr. Armansyah H. Tambunan, M.Agr selaku Ketua Dewan Pakar DPP MEBI, yang telah meninggal dunia pada tgl 1 September 2022.

Direktur Eksekutif terpilih yaitu Bapak Ir. Bob Saril, MM menggantikan Bapak Ir. Ahmad Rofik, MM yang mengundurkan diri dikarenakan bertambahnya kesibukan beliau.

Selanjutnya Bendahara Umum MEBI terpilih yaitu Ibu Mirda Rasyid, SE, MM menggantikan Ibu Ita Gayatri, SE, CIIB Yang mengundurkan diri sebagai bendahara umum karena bertambahnya kesibukan. Meskipun demikian Ibu Ita Gayatri dan Bapak Ahmad Rofik tetap menjadi bagian dari MEBI sebagai anggota MEBI, dan berkomitmen membantu dan mendukung suksesnya MEBI ke depan.

Dalam sambutannya setelah terpilih sebagai Ketua Umum DPP MEBI, Bapak Milton Pakpahan berkomitmen dalam memajukan MEBI meskipun usia MEBI masih tergolong muda, dengan mengusung konsep B5, yaitu Berbenah, Belajar, Bekerja, Berkarya, dan Berinovasi. Pembenahan awal terkait dengan struktur organisasi, tertib administrasi, kemudian SDM, sarana dan prasarana termasuk perkantoran MEBI guna menunjang aktifitas MEBI ke depannya

Rangkaian acara Munaslub diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh semua perseta Munaslub baik secara Luring maupun Daring, dan pemberian selamat dan karikatur oleh Direktur PT Media Artha Sentosa Bapak Teddy Salim kepada Ketua Umum DPP MEBI terpilih Bapak Milton Pakpahan.

Kemudian dilanjutkan dengan gelaran Seminar MEBI yang dilaksanakan di event Heatech 2022 dengan tema “Peran Biomassa dalam Transisi Energi Mendukung Nett Zero Emission”.

MEBI
Author: MEBI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *