PRESS RELEASE

KEMENTERIAN ESDM melalui DITJEN EBTKE mendukung gelaran DISKUSI PANEL dan SEMINAR MEBI

“Switching to Biomass : Energy Transition Solutions in Indonesia

 

Jakarta – 11 September 2023

Transisi energi menuju NZE terdiri dari dua aspek penting: pertama, memanfaatkan energi terbarukan atau sumber energi lain dengan emisi minimum untuk memenuhi kebutuhan energi final di semua sektor (diversifikasi); kedua, mengurangi emisi dari fasilitas atau plant yang sudah ada yang menghasilkan emisi tinggi selama operasi (dekarbonisasi).

Bioenergi merupakan bentuk energi yang inklusif, dihasilkan dari biomassa yang bisa dengan mudah dikontrol, dikurangi, atau disesuaikan oleh manusia. Oleh karena sumber biomassa berasal dari limbah pertanian, perkebunan, dan hutan, pengembangan dan pemanfaatannya melibatkan berbagai kelompok masyarakat dengan latar belakang yang beragam. Namun, saat ini, hanya sekitar 3% dari total kapasitas pembangkit nasional yang diwakili oleh bioenergi, Ini mengindikasikan bahwa masih ada hambatan dalam pengembangan sumber energi ini, terutama dalam hal suplai biomassa jangka panjang dan faktor harga pembelian listrik IPP oleh PT PLN (Persero).

Kementerian ESDM melalui DITJEN EBTKE menyambut positif inisiatif dan gagasan Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI) untuk mengelar agenda tahunannya melalui Diskusi Panel dan Seminar MEBI bertajuk : “Switching to Biomass : Energy Transition Solutions in Indonesia, gelaran ini akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 7 Oktober bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Dukungan dan perhatian diberikan pihak DITJEN EBTKE dengan menerima kunjungan Pengurus Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI) pada hari Selasa tanggal 5 September. Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Umum Dr. Ir. Milton Pakpahan dan Sekretaris Jenderal Arief Yunan dan diterima oleh Direktur Bio Energi Bapak Edi Wibowo dan staf terkait persiapan atas kegiatan dimaksud.

Kunjungan ini bertujuan melaporkan kesiapan penyelenggaraan Indonesia International Heating Technology Exhibition : HEATECH INDONESIA 2023 yang diselenggarakan bersamaan dengan EXPO BOILER dan EXPO BIOLER dan Panel Diskusi & Seminar Energi Biomassa.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Bio Energi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada organisasi MEBI yang telah memberikan perhatian dan dukungannya dalam Pengembangan Bio Energi khususnya Energi Biomassa, sehingga ke depan biomassa bisa memberikan kontribusi besar pada bauran energi nasional. Direktur Bio Energi juga merespons surat MEBI dengan mengkonfirmasikan kehadiran Menteri ESDM dalam pembukaan event dan Dirjen EBTKE sebagai Pembicara Kunci.

Sementara Ketua MEBI, berharap kegiatan pameran dan seminar dapat mendorong secara luas energi biomassa dan bisnis-bisnis energi biomassa. Secara khusus Ketua MEBI menyampaikan agar energi biomassa bisa lebih dikenal dan popular di kalangan kaum muda, untuk itu diperlukan sinergi MEBI, Pemerintah dan stakeholder lain dalam hal sosialisasi dan edukasi.

Teddy Halim, Direktur PT. Media Artha Sentosa menjelaskan bahwa pelaksanaan pameran HEATECH INDONESIA tahun 2023 adalah penyelenggaraan ke 4 kalinya, penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya mendapat perhatian dan kunjungan yang tinggi dari kalangan industri dan umum. Penyelenggaraan tahun ini merupakan kolaborasi ke 2 kalinya dengan MEBI, sehingga kami merasa lebih optimis berjalan lebih baik dan memberikan manfaat lebih luas.

Koordinator Panel Diskusi & Seminar, Ifnaldi Sikumbang menjelaskan pemilihan tema “Beralih ke Biomassa, Solusi Transisi Energi di Indonesia”, sejalan dengan dinamika yang terjadi sekarang, di mana energi biomassa semakin banyak digunakan baik untuk pembangkitan (cofiring PLTU) dan berbagai industri sebagai energi panas melalui boiler. Tingginya kebutuhan biomassa dalam waktu dekat terlihat dalam draf revisi Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan karena peran luas energi biomassa dalam dekarbonisasi dan diversifikasi energi yang merupakan kegiatan utama dalam Transisi Energi.

Panel Diskusi & Seminar MEBI menghadirkan 5 panelis pada tanggal 5 Oktober 2023 dan 15 Narasumber seminar pada tanggal 6 Oktober 2023. Hadir dan bergabunglah di seminarnya industri biomassa dengan para pelaku termasuk para pemasok teknologi dan pengambil kebijakannya.

Melalui berbagai inisiatif energi biomassa, Indonesia berupaya menciptakan masa depan energi yang inklusif, berkelanjutan, dan berkarbon rendah, memanfaatkan potensi biomassa sebagai sumber energi yang inklusif dan berkelanjutan.

MEBI
Author: MEBI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *